GMPK Adakan Seminar Cegah Penyelewenagan Dana Desa

No comment 104 views


banner 160x600
Women faceSeminar Nasional tentang Dana Desa di Pendopo Bupati Grobogan-Bayu Efendi

GROBOGAN,FAKTAJATENG.Com-Antusian kepala desa dan para pejabat untuk mengikuti Seminar Nasional tentang Pengetahuan Anti Korupsi yang diadakan DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah membludak. Pasalnya seluruh kepala desa, camat di Kabupaten Grobogan berbondong-bodong hadir sebagai peserta, selain itu turut hadir peerwakilan GMPK Kota Semarang dan DPP GMPK, dalam acara yang diadakan di Pendopo Bupati Grobogan, Kamis (14/9/2017).

Adapun narasumber yang dihadirkan adalah Ketua Satgas Dana Desa Kemendes PDTT, Dr Bibit Samad Riyanto, SH.,MM.,PhD yang juga ketua umum DPP GMPK, dengan topik bahasan “Mewujudkan Desa Berintegritas”. Selain itu perwakilan Kejati Jateng, R. Yusuf Wibisono dengan tema “Mendorong Peran TP4D Dalam Mengawal Dana Desa”.

Dalam sambutannya, Ketua GMPK Jateng, Edy Susanto mengatakan, penyelenggaraan seminar tersebut diharapkan dapat memberi solusi berbagai permasalahan yang dihadapi desa-desa dalam hal pengelolaan dana desa.

“Seminar ini diharapkan mampu berkontribusi meningkatkan pemerataan pembangunan,”kata Edy dalam acara Seminar Nasional sekaligus Pelantikan DPD GMPK Kabupaten Grobogan dan Pati tersebut.

Menurutnya, desa seharusnya memiliki rencana yang tepat dan akuntabel untuk pembangunan. Pertemuan ini didapuk guna merangsang berbagai solusi pada berbagai permasalahan yang dihadapi desa. Desa yang awalnya hanya dijadikan sebagai objek diubah menjadi subjek dalam pembangunan.

Kemudian dalam paparannya, Bibit Samad Riyanto menyebutkan, dari tahun ke tahun dana yang diberikan untuk pembangunan desa selalu meningkat. Sejauh ini masalah akuntabilitas menjadi permasalahan yang penting.

“Pengawalan dana desa menjadi hal penting bagi KPK dan penegak hukum lain. Oleh karenanya hal utama yang harus dilakukan oleh kepala desa adalah perencanaan,”kata Bibit yang juga mantan pimpinan KPK era presiden SBY tersebut.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Grobogan, Sri Sumarni menyampaikan terima kasih atas penyelenggaraan seminar nasional tersebut. Ia berharap kendala-kendala yang ada pada penyaluran dan pengelolaan dana desa tahun sebelumnya tidak terjadi lagi pada tahun mendatang. Menurutnya, beberapa tantangan yang ada kedepan dapat dihadapi dengan solusi yang telah dirancang sebelumnya sehingga banyak desa akan meningkat status desanya.

“Nantinya akan semakin banyak desa masuk dalam kategori desa maju dan desa mandiri, yang tentunya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat,”ujarnya disambut tepuh riuh peserta.

Reporter : Bayu Efendi

Editor :Dadang DP