Putra Kendal Jadi Wasit Perlombaan Internasional

No comment 57 views


banner 160x600
Women faceistimewa

SEMARANG,FAKTAJATENG.com-Jawa Tengah perlu bangga karena, satu atletnya lolos menjadi wasit dalam kejuaraaan Internasional perlombaan ICTO (Iternasional Club Taekwondo Organization) tingkat Asia di Malaysia. Atlet tersebut adalah pelatih dari Universal Taekwondo Indonesia Profesional (UTI Pro) Jateng bernama Teguh Sulistriyanto yang bergelar Sabeum DAN III Kukkiwon Taekwondo.
 
"Dari Indonesia ada 14 wasit asal Indonesia mulai dari Jogja, Bandung, Jakarta, Sumatera, Nusa Tengara Timur (NTT) dan Semarang. Acaranya digelar selama seminggu mulai 7-11 September kemarin,"kata Teguh Sulistriyanto usai memberikan laporan ke kantor UTI Pro Jateng di Semarang Indah, Rabu (13/9/2017).
 
Diakuinya sudah dua kali dipercaya organisasinya untuk mewakili Indonesia dalam pertandingan Internasional, sebelumnya ia juga pernah ke Malaysia dalam perlombaan kejuaraan CK Karan atau Clasic Internasional Open Taekwondo Championship. 
 

"Tugas saya jadi wasit untuk memimpin pertandingan Internasional. Saya akui banyak pengalaman yang menyenangkan, seperti atlet luar negeri asal Jordan dan Iran tinggi-tinggi termasuk daerah lain, sedangkan saya pendek, namun para peserta selalu takjub dengan saya, karena saya mampu menunjukkan kehebatan Indonesia,"jelasnya.

 
Pria asal Surokonto Wetan, Pageruyung, Kendal ini mengaku banyak ilmu yang bisa dipetik dalam perlombaan itu. Menurutnya warga Indonesia perlu bangga karena ada 5 wasit yang sudah dinobatkan sebagai wasit Internasional dan 5 wasit yang masuk referensi nasional dalam kejuaraan Internasional.
 
"Dalam perlombaan itu, asal Indonesia ada 4 club jenis kategori perlombaan Qyuriky dan Poomsae. Kalau mendali yang diperoleh saya kurang paham, karena kita hadir sebagai wasit,"ujarnya.
 
Teguh mengaku sejak bergabung dengan UTI Pro 2012 lalu hingga sekarang sedikitnya sudah 10 kali ia dipercaya sebagai wasit baik tingkat regional, nasional dan Internasional.
 
"Saya bersyukur dalam acara itu bisa direkomendasi UTI Pro pusat dan didukung UTI Pro Jateng untuk memimpin pertandingan Internasional,"katanya bangga.
 
Usai menerima laporan itu, Ketua UTI Pro Jateng, Theodorus Yosep Parera mengaku bangga terhadap pelatihnya tersebut. Ia langsung memberikan apresiasi khusus terhadap Teguh dan berharap bisa berkiprah terus dikancah Internasional sehingga bisa menjadi contoh bagi wasit lain di Indonesia dan dunia.
 
"Teguh harus diberi suport agar bisa lebih semangat memperkenalkan olahraga taekwondo kepada masyarakat dan dunia,"kata Yosep.
 
Menurutnya, keberhasilan pelatihnya tersebut sebagai bentuk memajukan prestasi dan mengembangkan potensi-potensi bagi pelatih. Keikutsertaan pelatihnya juga sebagai bagian dari menguatkan tali silaturahmi antar wasit, pengembangan diri, penumbuhan karakter, dan pembinaan prestasi.
 
"Kita juga aktif melaksanakan kegiatan yang menunjang cita-cita yang diharapkan baik untuk pelatih dan peserta dengan tujuan untuk membangun kualitas atlet taekwondo di Jateng lebih baik," jelasnya.
 
Reporter : Bayu Efendi
Editor: Dadang DP