Daerah Olah raga

Samjas berkala Semester I Tahun 2021 Brimob Yon A Pelopor Dan Jajaran Ikuti Tes Kesamaptaan

single image

Kota Balikpapan – Usai melaksanakan apel pagi anggota Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim langsung melaksanakan tes kesamaptaan semester I Tahun 2021 yang diselenggarakan di lapangan Brimob Kaltim, pagi ini Jumat (26/2/2021).

Kesamaptaan jasmani yang wajib diikuti oleh seluruh anggota ini direncanakan akan dilaksanakan selama beberapa hari kedepan. Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitnanggang, SIK saat memantau pelaksanaan kegiatan mengatakan bahwa, “Yon A Pelopor merencanakan kegiatan selama beberapa hari, selain kegiatan ujian kesamaptaan dilakukan juga ujian bela diri.” Ujarnya.

“Kita rencanakan kegiatan selama beberapa hari yaitu hari selasa dan jumat, yang berkesempatan ikut hari pertama silahkan, namun apabila masih berhalangan mungkin karena tugas bisa laksanakan di hari kedua, tapi ujian ini wajib untuk diikuti oleh seluruh anggota,” ucap Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain tes kesamaptaan anggota juga wajib ikut ujian bela diri, ini kegiatan per semester jadi sudah secara periodik sebagai kegiatan yang wajib diikuti oleh anggota, lanjutnya.

Kesamaptaan jasmani yang meliputi lari 12 menit, pull up, sit up dan suttle run wajib diikuti oleh seluruh anggota. Tampak puluhan anggota sejak pagi mengantri untuk mengisi formulir tes kesamaptaan. Sebelum mengikuti tes, setiap anggota dilakukan pengecekan kesehatan oleh Bamin Sikes Yon A Pelopor.

Tes kesamaptaan jasmani dan ujian bela diri ini dilaksanakan secara periodik 6 bulan sekali sebagai bagian dari program Polri untuk menjaga kesiapan stamina serta kesiapan personel Polri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab Kepolisian, sekaligus sebagai sumber dalam sistem penilaian perorangan yang menilai aspek mental dan akademis dinilai juga dari aspek jasmani.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

Load More