Daerah Kamtibmas Serba-serbi

Dansat Brimob Hadiri Simulasi Penanganan Karhutla Aplikasi Lembuswana Provinsi Kaltim

single image

BALIKPAPAN- Bertempat di Gedung Mahakam Mapolda Kalimantan Timur Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John H.S. Sitanggang, S.I.K. Hadiri acara Simulasi Penanganan Kebakaran Hutan & Lahan Aplikasi Lembuswana Provinsi Kalimantan Timur. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Kaltim, Kapolda Kaltim, Pangdam VI/Mulawarman, beserta seluruh Bhabinkamtibmas, Babinsa, Potensi SAR di Provinsi Kaltim baik secara langsung maupun virtual melalui aplikasi Lembuswana, Senin (22/3).

Dalam sambutannya, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Herry Rudolf Nahak mengatakan bahwa Aplikasi LEMBUSWANA ini merupakan penyempurnaan dari Aplikasi LANCANG KUNING yang sudah dimiliki Polri. ‘’Aplikasi Lembuswana adalah penyempurnaan dari aplikasi yang sebelumnya sudah dimiliki oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia. Mengingat Provinsi kita sangatlah luas dan harus lebih dioptimalkan lagi jaringan aplikasinya supaya meminimalisir kesalahan data update tentang Karhutla’’. Terangnya.

Dansat Brimob Polda Kaltim juga memberikan pandangannya mengenai Aplikasi ini, Menurutnya dengan diluncurkannya aplikasi Lembuswana ini sangat membantu Para Relawan dan Instansi yang menangani SAR dapat lebih terbantu dalam hal kecepatan dan ketepatan koordinasi sehingga dapat memperlacar proses antisipasi Penanganan Karhutla di Provinsi Kaltim.
“Ya, sangat membantu orang-orang atau Instansi yang berpotensi SAR dan para relawan untuk sigap dan cepat dalam mengantisipasi Penanganan Karhutla di Kalimantan Timur”. Tutup Kombes Pol. John H.S. Sitanggang, S.I.K.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Herry Rudolf Nahak dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

Load More