EkonomiKamtibmas

Brimob Polda Kaltim Kembali Turut Serta Dalam Penanaman Mangrove Dan Transplantasi Terumbu Karang Di Muara Badak

Kutai Kartanegara – Satuan Brimob Polda Kaltim Batalyon B Pelopor kembali turut serta dalam kegiatan penanaman mangrove dan transplantasi terumbu karang di Spot Batu Lampe Pantai Pangempang, Muara Badak Kutai Kartanegara. Rabu (25/05/2022)

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut Danlanal Balikpapap, Polairud Mabes Polri,
Dinar perikanan dan kelautan, PLN UPDK Mahakam, Polsek Muara Badak, dan Dinas Pariwisata

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk menjaga ekosistem laut sekaligus mengembangkan wisata.

Adapun Terumbu karang yang ditanam Acropora, hydnopora dan stylophora yang bersifat gampang tumbuh dan berkembang, untuk penanaman terumbu karang ini pun dipilih dengan kedalaman sekitar 5 meter, hal itu dimaksudkan ketika air surut pada permukaan terumbu karangnya tetap terjaga.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Andy Rifai, S.I.K., M.H melalui Komandan Batalyon AKBP Handri Wira Suriyana, S.I.K mengatakan kegiatan penanaman ini untuk menjaga transpalansi terumbu karang agar lebih dijaga ekosistem lautnya. Selain itu juga yang pasti untuk menumbuhkembangkan objek wisata yang ada di wilayah Kaltim ini.

“Kami tanam tadi sekitar 30 rak atau sekitara 480 bibit terumbu karang, untuk penanaman awal kita tanam di sekitar lepas Pantai Pangempang, diharapkan dengan penanaman terumbu karang nanti dapat tumbuh karang yang indah dan taman laut agar kelestarian ekosistem laut tetap terjaga,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa kegiatan ini dapat menggerakkan elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan upaya pelestarian dan penyelamatan kawasan pesisir. Tanaman Mangrove ini sangat banyak manfaatnya terutama untuk menahan abrasi di pantai

“Mudah-mudahan kegiatan ini mampu menggerakan hati komponen masyarakat untuk bersama-sama kita menjaga kelestarian lingkungan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *