DaerahTNI-POLRI

Kodam VI/Mulawarman Gelar Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis Bagi Warga Kalimantan Timur di Rumah Sakit Tentara Tingkat II Dr. R. Hardjanto

FaktaKaltim, Balikpapan – Operasi Katarak Gratis yang di gelar oleh Kodam VI/Mulawarman yang bekerja sama dengan PT. Sido Muncul dan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Kaltim dan Kaltara ini, diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai daerah di Kalimantan Timur.

Kegiatan yang digelar di Rumah Sakit Tentara Tingkat II Dr. R. Hardjanto ini, diikuti oleh 85 pasien yang ingin mendapatkan pelayanan Operasi Katarak gratis dari Kodam VI/Mlw tidak hanya berasal dari Balikpapan saja, melainkan juga ada pasien dari Tanah Grogot yang mendapatkan informasi dari Bhabinsa setempat. 

Masih dalam rangkaian HUT Kodam VI/Mlw ke-65, Operasi Katarak gratis ini nantinya tidak hanya melakukan operasi saja, namun juga akan memberikan pelayanan hingga pasien operasi benar-benar sembuh total.

Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan, kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak gratis ini melebihi target pasien yang mendaftar.

“Kegiatan ini sangat bagus ya, masyarakat sangat antusias untuk bisa melihat lagi dengan jelas, dan yang pasti ini melebihi target, yang tadi nya target awal sebanyak 75 pasien namun melonjak hingga 85 pasien,” ucap Panglima.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Rumah Sakit Tingkat II Dr. R. Hardjanto, Kolonel CKM Dr. Rachmad Budi Prasetyo mengatakan, walaupun pasien yang terdaftar ini sudah melebihi target, namu akan tetap mendapatkan pelayanan hingga tuntas, dan juga akan mendapatkan perawatan hingga sembuh.

“Walaupun target pasiennya melebihi kuota yang sudah disediakan, namun akan tetap kami layani, dan yang pasti pasien akan tetap mendapatkan perawatan hingga sembuh total. Jika ada pasien yang memiliki masalah kesehatan, akan tetap kami rawat hingga pasien tersebut sembuh,” tegas Ka.Rumkit Tingkat II Dr. R. Hardjanto.

Salah satu pendamping pasien Operasi Katarak Gratis, Silvia mengatakan sangat terbantu sekali dengan adanya kegiatan Operasi Katarak gratis ini, karena kegiatan ini bisa diikuti oleh seluruh warga baik orang tua maupun yang masih muda.

“Saya kesini antar Ibu saya, dan yang pasti saya sangat berterima Kasih kepada Kodam VI/Mlw yang sudah menggelar acara ini, saya dan ibu saya jadi terbantu, dan ibu saya bisa melihat lagi dengan bagus,” ucap SIlvia.

Rusman, Salah satu pasien Operasi Katarak gratis yang berasal dari Balikpapan menyebutkan, dirinya sudah ingin melakukan operasi katarak sejak dulu, namun karena  adanya biaya administrasi tambahan dari BPJS saat Ia hendak melakukan operasi, maka ia menunda operasi tersebut.

Setelah mendapatkan informasi adanya Operasi Katarak Gratis yang digelar oleh Kodam VI/Mlw, dirinya dan keluarga sangat terbantu.

“Awalnya saya sudah mau operasi dulu, namun karena adanya biaya tambahan yang tidak ditanggung oleh BPJS, makanya saya tunda. Begitu saya dengar informasi ada Operasi Katarak gratis dari Kodam VI/Mlw, saya langsung daftar, dan alhamdulillah operasi berjalan lancar dan tidak ada rasa sakit sedikitpun,” ucap Rusman.

Selain Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, Kodam VI/Mlw pun sudah melakukan kegiatan Donor Darah di seluruh jajaran Satkowil Kodam Vi/Mlw yang berhasil mengumpulkan 1.610 kantong darah, Baksos KB Kesehatan dengan Akseptor sebanyak 130 orang, melakukan penghijauan dengan penanaman mangrove di seluruh kodim jajaran dengan total 12.470 bibit, dan seluruh Satkowil Kodam VI/Mlw pun melaksanakan pembersihan area sekitar fasilitas umum seperti taman, pasar, tempat ibadah dan lainnya. (Rie) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *