AutomotiveDaerahEkonomi

PT. Bintang Kutai Motor Kenalkan Axor 1623 R, Mercedes-Benz Penetrasi Market Industri Logistik Kaltim

FaktaKaltim, Balikpapan – Autorized Marcedes Benz, PT Bintang Kutai Motor mengenalkan unit terbarunya yakni Axor 1623 R di kelas Daimler Commercial Vehicle untuk mendukung industri logistik di Kalimantan Timur (Kaltim). Axor 1623 R dipamerkan bersama dua unit varian lainnya, yakni Axor Cement Mixer tipe 2528 RMC dan Axor Tractor Head tipe 4028 T. Ketiga varian itu dipamerkan di halaman Dealer Resmi Marcedes-Benz PT Bintang Kutai Motor, Jalan Soekarno Hatta, Balikpapan Utara, Selasa (18/7/2023). 

Direktur Utama PT Bintang Kutai Motor, Daniel Thio mengatakan, melalui pameran ini Marcedes-Benz berupaya mengenalkan kepada masyarakat luas berupa edukasi bahwa Marcedes-Benz yang terkenal dengan produk otomotif mewahnya, juga menghadirkan armada truk yang dibutuhkan segmen industri. 

“Semua segmen bisa kami penuhi,” ujar Daniel didampingi Petugas Penguji Kendaraan Bermotor Tingkat V Dinas Perhubungan Dishub Kota Balikpapan Bayu Aji Sudikna. 

Daniel menerangkan, truk yang diluncurkan Mercedes-Benz telah sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 19 Tahun 2022, tentang Organisasi dan Tata Kerja Distrik Navigasi. 

“Tahun 2021 kami mengenalnya cuma dengan istilah ODOL (Over Dimension dan Over Loading), sekarang truk kami memenuhi kriteria sesuai peraturan,” ungkapnya. 

Adapun spesifikasi bak armada logistik anyar ini telah memenuhi dimensi sesuai aturan, dengan panjang 8.350 meter. Saat dipamerkan, bagian bak unit Marcedes-Benz Axor 1623 R bertuliskan ketetangan telah sesuai dengan PM19.

Ia menerangkan banyak konsumen yang mengira aftersale dan sparepart Marcedes-Benz cukup sulit didapatkan. Namun sebenarnya, pihak Marcedes-Benz berani memberi garansi dua tahun untuk setiap varian truk yang ditawarkan. 

“Mesin, transmisi dan excel atau garda, itu garansi dua tahun. Kami jamin garansi dua tahun. Mercedes-Benz Indonesia juga sudah menyiapkan call center. Jadi kalau konsumen menghadapi suatu kendala sparepart misalnya, langsung hubungi call center,” urainya. 

Namun demikian, sparepart di dealer PT Bintang Kutai Motor saat ini mencukupi. 

Terkait prospek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, saat ini masih didominasi kontraktor di luar Kaltim. 

“Harapan kami, saat IKN sudah establish, kami akan dapat imbasnya. Untuk menunjang operasional IKN,” katanya. 

Secara umum, lanjut Daniel, industri logistik juga masih menjadi tantangan bagi kontraktor lokal. Sehingga, melalui peluncuran produk Mercedes-Benz Axor 1623 R diharapkan dapat melakukan penetrasi market di Kaltim, untuk mendukung kemajuan industri logistik lokal. 

Sementara itu, Penguji Kendaraan Bermotor Tingkat V Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan Bayu Aji Sudikna mengapresiasi Mercedes-Benz. Bukan hanya mengenalkan produk baru, tentunya juga membantu pemerintah untuk mensosialisasikan target Kementerian Perhubungan. Yaitu zero ODOL 2023. 

“Karena memang produknya, secara spesifikasi dari dimensi dan sebagainya memenuhi persyaratan teknis,” kata Bayu. 

Selain itu, sistem keamanan truk-truk varian dari Axor sangat mumpuni. 

“Remnya full angin, jadi ketika ada kebocoran dan sebagainya langsung terkunci. Itu sangat aman dipakai di wilayah Balikpapan dengan kontur yang berbukit-bukit,” terangnya. 

Lebih jauh Bayu mengatakan, armada Axor telah menerapkan teknologi EURO 4. Yakni standar emisi mesin diesel yang diterapkan di Indonesia. 

“Jadi kualitas emisi yang dikeluarkan kendaraan sudah bagus. Mendukung program langit biru juga,” tutup Bayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *