BusinessDaerahKamtibmasPolitics

Diskusi Forum Pembauran Kebangsaan, Ajak Seluruh Anggota Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu

FaktaKaltim, Balikpapan – Forum Pembauran Kebangsaan atau FPK yang merupakan wadah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antara warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan, menggelar diskusi publik di Hotel Horison Ultima, Sabtu (18/11/2023).

Dalam sambutan Kaban Kesbangpol Balikpapan, yang dibacakan oleh Kqbid Kesbang, Purwantoro menyatakan pentingnya memantapakan, memelihara serta mengembangkan pembauran kebangsaan.

“Dalam pelaksanaannya, Proses Pembauran Kebangsaan, meliputi kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai suku, etnis melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas, ras, suku dan etnis masing-masing,” ucap Purwantoro.

Purwantoro menambahkan, bahwasanya harus di sadari Pembauran Kebangsaan merupakan komitmen bangsa dalam mengukuhkan semangat kebhinnekaan agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga.

“Pembauran kebangsaan saat ini menjadi amat penting, seperti kita lihat, keadaan di tengah masyarakat saat ini, melemahnya persatuan dan kesatuan bangsa yang ditandai dengan mudahnya masyarakat terprovokasi dan termakan isu-isu yang menyesatkan yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara terutama juga disebabkan berkembangnya teknologi informasi yang semakin pesat, yang menyebabkan arus informasi dan komunikasi yang mudah dan cepat,” tegasnya.

Sebagai informasi, FPK mempunyai peranan strategis dalam menjaga persatuan dalam kebhinnekaan. Kota Balikpapan sudah sejak dahulu terbiasa dengan perbedaan suku, etnis namun tetap dapat berdampingan dengan damai. Masyarakat Kota Balikpapan merupakan masyarakat yang cinta damai, saling menghormati satu sama lain dan itu bukan slogan saja tapi nyata yang kita rasakan hingga saat sekarang ini.

Kehadiran FPK sangat dibutuhkan untuk menjaga kondusifitas ditengah masyarakat yang sangat rentan terhadap konflik. Perlu pembauran antar suku agar fanatisme kesukuan tidak memicu konflik. Sekecil apapun persoalan sosial harus segera terselesaikaagar tidak menjadi besar.

“Dengan adanya diskusi ini, Saya mengajak kepada segenap pengurus dan anggota Forum Pembauran Kebangsaan untuk dapat berkomitmen dan menjalankan tugasnya dalam menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembauran kebangsaan, menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat,suku, dan masyarakat, menyelenggarakan sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan pembauran kebangsaan, dan merumuskan Panerintal Kota,” tegas Purwantoro.

Lebih lanjut Purwantoro menjelaskan, bahwa tahun politik hampir tiba, dan dirinya oun berpesan untuk tetao menjaga kondusifitas antar sesama anggota agar tercipta pemilu damai.

“Sebagaimana yang kita ketahui bersama tak lama lagi menjelangtahun politik, untuk itu perlu saya ingatkan, FPK untuk tetap sebagai forum menjaga kondisifitas daerah, negara dan bangsa, jangan sampai terlibat dalam politik praktis, FPK seperti yg saya katakan tadi punya peran strategis untuk menjaga Balikpapan tetap damai dan kondusif. Mari kita bersama membangun Kota Balikpapan menuju madinatul Iman,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *