EkonomiKamtibmas

Dukung Pembangunan IKN di Kalimantan Timur, Brimob Kaltim Intens Latihan Pengamanan VIP-VVIP

Brimobpoldakaltim.com, BALIKPAPAN – Sesuai arahan dan instruksi langsung dari Dansat Brimob Polda Kaltim dalam hal ini diwakilkan oleh AKBP Irwan Yuli Prasetyo, S.I.K selaku Wadan Satbrimob Polda Kaltim saat Apel Satuan pada hari rabu lalu, Pagi tadi Personel Satbrimob Polda Kaltim melaksanakan latihan rutin Pengamanan VIP-VVIP baik teori maupun aplikasi langsung di Lapangan. Kamis, (17/2/2022).

Pengamanan VIP merupakan rangkaian kegiatan atau bentuk tindakan dari Satuan Pengamanan yang memberikan perlindungan kepada seseorang yang dianggap sangat penting atau Pejabat Negara dari ancaman dan gangguan baik secara langsung maupun tidak langsung. Personil Polri yang mengemban tugas
pengamanan VIP wajib memahami kemampuan teknis pengamanan, baik itu
manajemen pengamanan dan teknis formasi pengamanan yang efektif dan efisien.

Tanggung jawab semakin besar kini diemban Satbrimob Polda Kaltim, mengingat progres Pembangunan IKN (Ibu Kota Negara) terus berlangsung. Khususnya di Kota Balikpapan sebagai gerbang dan penyangga Ibu Kota Negara menuntut Korps ini untuk lebih dan sering melaksanakan pengamann VIP maupun VVIP apabila dibutuhkan pada saat ada kunjungan Pejabat Negara atau tamu VIP lainnya. Adapun lansan atau dasar hukum dalam pelaksanaan tugas Pengamanan VIP sebagai berikut:

  1. Undang-Undang Nomor. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  2. Peraturan Kapolri No. Pol.  : 6 Tahun 2005 tentang Pedoman Tindakan Bagi Anggota Polri Dalam Penggunaan Kekuatan Kepolisian.
  3. Surat Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No.Pol.: Skep/247/IV/2004  tanggal 21 April 2004 tentang Buku Petunjuk Pengamanan  VIP.
  4. Surat Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No.Pol.: Skep/263/IV/2004 tanggal 21 April 2004 tentang Buku Petunjuk Kegiatan Pengawalan.

Latihan kali ini meliputi Materi pengamanan VIP, teknik dan taktik pengamanan VIP maupun VVIP. Nantinya latihan rutin ini akan berlanjut dengan meteri menembak taktis serta beladiri taktis.
Wadan Satbrimob Polda Kaltim berharap dalam pelaksanaan latihan rutin ini Anggota Brimob Kaltim dapat lebih siap dalam melaksanakan tugas saat eskalasi meningkat serta dapat lebih memahami kembali dasar hukum yang digunakan dalam pelaksanaan tugas Pengaman VIP.

“Saya harapkan semua kemampuan yang dimiliki oleh Brimob harus dipahami dan dikuasai seluruh anggota Brimob. Selain teknik dan taktik yang dimiliki, semua anggota juga diharapkan memahami landasan-landasan hukum kemampuan tersebut. Karena domain akan lebih tinggi pada Satuan kita jika eskalasi gangguan Kamtibmas meningkat” ucap AKBP Irwan.

Di tempat terpisah, Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Andy Rifai, S.İ.K., M.H. berpesan kepada seluruh personel Satbrimob Polda Kaltim untuk berperan aktif mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi dan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menegakkan protokol kesehatan.

“Saya berpesan kepada seluruh personel Satbrimob Polda Kaltim agar terus meningkatkan semangat dalam bertugas, mengasah diri dengan kemampuan-kemampuan Brimob, menjaga kebugaran serta kesehatan fisik sebagai upaya kita dalam meningkatkan profesionalitas dalam bertugas selain itu juga sebagai cara dan usaha kita untuk terhindar dari Covid-19,” jelas Kombes Andy Rifai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

betseru http://piaud.uinsgd.ac.id