DaerahNewsTNI-POLRI

Lanal Balikpapan Gelar Upacara HUT Armada RI

FaktaKaltim.com, Balikpapan – bertempat di Lap. Apel Mako Lanal Balikpapan telah dilaksanakan Upacara Bendera memperingati HUT Armada 2023 dengan mengusung tema “Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju”.

Dalam upacara ini Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Dr. Hendriman Putra, S.H., S.Tr.Han., M.Tr.Hanla., M.M., M.Sc., diwakili oleh Palaksa Lanal Balikpapan Mayor Laut (P) Dodit Yunata Kristian bertindak sebagai Inspektur Upacara memimpin jalannya upacara yang diikuti oleh seluruh personel Lanal Balikpapan, baik prajurit maupun PNS dan PHL.

HUT Armada RI yang diperingati tanggal 5 Desember setiap tahunnya mengandung arti penting bagi TNI AL. Armada RI sebagai kekuatan tempur Angkatan Laut, pada hakekatnya lahir dan tumbuh bersama dengan kelahiran TNI. Armada RI juga tidak pernah absen dalam usaha menegakkan dan mempertahankan kedaulatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M. Tr. Opsla. yang dibacakan oleh Palaksa Lanal Balikpapan menyampaikan bahwa peringatan Hari Armada RI tahun ini merupakan wahana merefleksikan diri serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan hasil yang dicapai. Selain itu, momentum ini adalah bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas peran dan prestasi Armada RI dalam melaksanakan tugas sebagai garda terdepan pertahanan utama Laut Nusantara.

Di tahun politik ini, peran Armada sangat penting dalam mendukung proses kelancaran pesta demokrasi di tanah air. TNI Angkatan Laut tidak hanya sebagai penjaga laut, namun punya peran untuk memelihara ketertiban dan keamanan nasional serta berperan aktif memastikan Pemilu berjalan jujur dan adil. “Alutsista Armada harus siap membantu Pemerintah dalam pengamanan dan distribusi logistik Pemilu sampai dengan Pulau-pulau terpencil dan terluar”, yang disampaikan Palaksa Lanal Balikpapan dalam amanat Kasal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

betseru http://piaud.uinsgd.ac.id